Pages

Kamis, 27 Oktober 2011

Definisi HTML & Web


World web atau web saja, adalah ruang tempat informasi disimpan dimana  rang
dapat membaca atau menulis sesuatu di dalamnya melalui alat-alat yang terhubung dengan internet. Web terdiri dari 4 (empat) hal yaitu :

§  Hypertext/HTTP (Protocol) :
ü  Standar aturan yang digunakan untuk berkomunikasi pada computer networking
ü  kemampuan untuk berpindah dari sebuah dokumen ke dokumen lainnya melalui koneksi yang ada di dokumen tersebut ( hyperlinks )
§  Resource identifier (URL : Uniform Resource Locator) : kemampuan untuk menemukan resource lain (komputer, dokumen atau lainnya) dalam jaringan melaui nama yang unik à addres WWW.
§  Client-server : arsitektur jaringan yang memisahkan client (umumnya tampilan grafis antarmuka) dari server.
§  Markup language (HTML) : karakter atau kode yang disisipkan di dokumen yang menyatakan cara teks ditampilkan.

Ketika kita hendak mengakses halaman web atau resource lain di web, hal yang pertama dilakukan adalah memasukkan URL ke web browser atau memilih sebuah hyperlink dari halaman yang akan diakses. URL kemudian diterjemahkan menjadi alamat IP. Langkah selanjutnya adalah mengirim HTTP request ke web server yang ditunjukkan oleh alamat IP. HTTP (hyper text transfer protocol) adalah metode untuk pengiriman informasi di web. Web server akan mengembalikan halaman web atau resource yang diminta web browser. Tugas web browser selanjutnya adalah menampilkan halaman yang direpresentasikan dengan HTML, CSS atau file yang lain. Halaman awal yang ditampilkan ke user dinamakan Homepage, halaman ini merupakan titik awal aktifitas kita di web tersebut. Protocol yang memungkinkan untuk server meneruskan request dari web browser ke aplikasi eksternal adalah common gateway interface. contoh : http://www.zdnet.com/~zdi/software/winxp/utils.htm#WINZIP

Penulisan alamat web (URL) diatas, dapat dibagi menjadi :
§  Bagian pertama dari URL disebut sebagai protocol à http
§  Bagian kedua (www.zdnet.com) disebut sebagai domain name. Domain biasanya menggambarkan nama dari server yang akan disambungkan/ dihubungi
§  Bagian ketiga (/~zdi/software/winxp) disebut sebagai directory path, menunjukkan area spesifik pada server dimana item tersebut ditempatkan.
§  Bagian keempat (utils.html) disebut sebagai document file name, ini mengindikasikan file yang akan diakses.
§  Bagian kelima (#WINZIP) disebut sebagai anchor name, menunjukkan bagian tertentu pada bagian dalam dokumen html.




Web Browser. Adalah perangkat lunak di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi web, contoh : Internet Explorer.
Web Server. Adalah server yang melayani permintaan klien terhadap halaman web, contoh : Apache, IIS, Xitami.
Middleware, adalah perangkat lunak yang bekerja sama dengan web server dan berfungsi menerjemahkan kode-kode tertentu, menjalankan kode-kode tersebut dan memungkinkan berinteraksi dengan basisdata, contoh : PHP, ASP, Perl.





0 comments:

Posting Komentar